09/03/20

Penyebab Ikan Cupang Mati Mendadak

Semua yang hidup pasti akan merasakan kematian, tidak terkecuali ikan cupang. Ikan cupang termasuk salah satu makhluk yang hidup di dalam air, suatu saat pasti akan mati. Jika ikan cupang mati mendadak, itu semua karena Takdir.

Artikel ini di tulis agar supaya teman-teman pembaca bisa mengetahui beberapa penyebab ikan bisa mati mendadak. Dan mendapatkan solusi untuk melakukan tindakan pencegahan.

Berikut ini beberapa penyebab ikan cupang mati mendadak :

1. Kondisi Air Yang Buruk

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati-Kondisi Air Yang Buruk



Sisa makanan atau kotoran ikan bisa mempengaruhi kualitas air.

Menurut Primavera (1994) bahwa ± 15% pakan yang di berikan tidak di konsumsi, sedangkan 20% dari 85% pakan yang di konsumsi akan terbuang melalui kotoran. 

Sisa pakan dan kotoran dari ikan mempunyai protein yang tinggi karena termasuk bahan organik yang nantinya akan diuraikan menjadi polipeptida, asam – asam amino, dan akan menjadi produk akhir yaitu ammonia. 

Sehingga pemberian pakan yang berlebihan pada ikan bukan memberikan efek yg positif, melainkan efek yang negatif karena akan menjadi dampak buruk bagi ikan.

Ammonia yang terlarut dalam air kolam ikan ada dua bentuk,yaitu :

Pertama, Tidak terionisasi (NH3) mempunyai sifat yang sangat beracun dan kadarnya menjadi meningkat bersama dengan meningkatnya kadar pH sehingga akan bersifat toksik pada ikan.

Hal yang dapat mempengaruhi tingkat racun pada ammonia terhadap ikan biasanya dari pH dan suhu air kolam. Apabila pH atau suhu air semakin tinggi, dapat mengakibatkan daya racun ammonia semakin tinggi juga.

Kedua, Terionisasi atau ion amonium mempunyai sifat yang kurang beracun ( NH4+ ), bentuk ini mendominasi ketika pH rendah.

Apabila amonia di biarkan menumpuk maka akan menjadi racun bagi ikan. Sedangkan tanda ikan yang mengalami keracunan ammonia biasanya,
  • Terlihat lemas dan stress
  • Saat bernafas lebih meningkat
  • Sering meloncat ke udara
  • Mudah terinfeksi oleh bakteri dan parasit yang di tandai keluarnya lendir yang berlebihan
  • Ikan akan lebih banyak berbaring pada bagian bawah kolam yang menunjukkan bahwa ikan merasa tidak nyaman
Ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk menurunkan kadar ammonia pada kolam, yaitu :
  • Menguras kolam ikan dengan jadwal yang rutin
  • Apabila ikan berjumlah banyak dalam 1 tempat, maka sebaiknya pindahkan ikan sebagian ke tempat yang lain
  • Membersihkan lumpur atau kotoran yang ada di dalam dasar kolam atau wadah yaitu dengan membuangnya secara rutin bisa juga dengan melakukan sifon
  • Menjaga kadar pH antara 6,2 hingga 7

2. Suhu Rendah atau Air Terlalu Dingin

Ganbar Penyebab Ikan Cupang Mati-Suhu Rendah atau Air Terlalu Dingin
Suhu air уаng baik untuk cupang berkisar 24°-25° Celcius. Suhu air yang terlalu rendah atau dingin bisa menyebabkan ikan cupang mati mendadak. Untuk menjaga kondisi air tetap stabil, sesuai dengan habitat asli ikan cupang, bisa kita siasati dengan menggunakan daun ketapang kering.

Daun ketapang yang sudah kering kita masukkan ke dalam wadah atau tempat penampungan ikan cupang. Selain untuk menstabilkan suhu air, daun ketapang juga bisa membuat ikan cupang tidak mudah terserang penyakit.

3. Makan Berlebihan dan Kurang Higienis

Gambar Penyebab Ikan Cupang Mati-Makan Berlebihan dan Pakan Kurang Higienis

Dari berbagai sumber yang ada, ternyata perut ikan cupang hanya sebesar bola matanya. Bisa di perkirakan seberapa besar pakan yang harus kita berikan. Sebaiknya pemberian pakan 2-3 x sehari, dengan takaran secukupnya.

Selain itu pastikan juga pakan atau makanan yang diberikan ke ikan cupang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

4. Gangguan Ikan Cupang Satu Wadah

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang melindungi wilayahnya atau bisa disebut ikan yang teritority. Di dalam satu wadah atau kolam pasti ada ikan cupang yang dominan dan sering mengganggu ikan cupang yang lain.

Ikan yang terganggu biasanya bertubuh kecil karena stres tidak mau makan dan lama kelamaan akan mati.

5. Ikan Cupang Stres

Di atas merupakan penyebab ikan stres. Karena makanan, suhu air atau gangguan teman dan faktor terkena sinar matahari langsung.

Tanda-tanda ikan cupang stres biasanya pasif, tidak mau makan dan hanya berada di bawah atau dasar wadah.

Itulah beberapa faktor penyebab ikan Cupang Mati mendadak, akan di update ke depan. Supaya sahabat pecinta ikan cupang bisa meminimalisir kematian ikan cupang.

Jika ada yang kurang silakan tambahkan di kolom komentar.
Share:

0 comments:

Posting Komentar