01/03/20

Mengatasi Sisik Nanas Ikan Cupang

Penyakit sisik nanas atau Dropsy pada ikan cupang merupakan penyakit yang sulit untuk di sembuhkan dan pada umumnya menyebabkan kematian pada ikan cupang. Penghobi akan pasrah jika ikan terserang penyakit ini.

Sumber: aquariumfiltersetup.com
Dropsy merupakan penyakit yang disebabkan dari infeksi bakteri. Kebersihan air dan aquarium yang kurang, menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit ini.

Gejala dari penyakit ini adalah ikan akan terlihat bengkak atau menggembungkan perutnya dan disertai dengan terangkatnya sisik-sisik ikan yang disebabkan oleh tertahannya cairan yang ada dalam tubuh, sehingga memiliki kulit seperti nanas.

Terangkatnya sisik ikan itu di sebabkan oleh tertahannya cairan yang ada di dalam tubuh ikan tersebut.

Ikan yang terinfeksi oleh penyakit ini juga akan menunjukkan perilaku-perilaku tidak biasa seperti ikan akan terlihat murung atau berdiam diri di dasar akuarium.

Jika ikan mengalami gejala di atas, segera mungkin lakukan penanganan atau pengobatan agar ikan dapat sembuh seperti sedia kala. Jika terlambat maka besar kemungkinan ikan akan mati.

Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengobati penyakit Dropsy pada ikan.

Menggunakan Methylen Blue


Mengutip dari situs isw.com Methylen Blue dapat digunakan untuk mengobati penyakit pada ikan akibat infeksi bakteri, keracunan nitrit dan jamur. Berikut caranya:

  • Siapkan wadah yang telah di isi air 1 liter.
  • Masukkan Methylene Blue dengan dosis 15 gram per 100 liter air. Diamkan selama 3 hari.
  • Setelah 3 hari, masukkan ikan ke dalam wadah tersebut. Lihat perkembangan ikan selama 2 hari, jika ikan terlihat lincah dan sehat, maka anda bisa menggantinya dengan air bersih.
  • Selanjutnya beri makan hias sedikit demi sedikit hingga benar-benar sembuh dari penyakit Dropsy.

Menggunakan Daun Ketapang

Cara ini admin dapatkan dari youtube, maaf lupa alamat pastinya. Akan di cantumkan jika sudah ketemu videonya. Berikut caranya:

  • Siapkan wadah yang sudah berisi air 0,5 - 1 liter. Campur dengan garam ikan dan daun ketapang sebanyak 2-3 lembar. Aduk sampai air berubah jadi pekat.
  • Setelah itu masukkan ikan dan amati perkembangannya selama 2-3 hari. 
  • Jangan di beri makan selama proses pengobatan.
  • Jika ikan kembali normal, terlihat lincah dan sehat, ganti dengan air ketapang seperti biasanya.


Jujur saja admin terlambat mengetahui hal ini. Semoga tidak dengan para pembaca.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua.


Sumber: isw, youtube
Share:

0 comments:

Posting Komentar