19/02/20

Cupang Giant

Giant Betta Fish


Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitat asalnya dari beberapa negara di Asia Tenggara. Antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam.

Ikan Cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam wadah dengan volume air sedikit tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator) dan juga ikan ini cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Dengan keunikan ini, rasanya ikan cupang cocok untuk di jadikan salah satu koleksi aquarium.

Dari beberapa jenis ikan cupang yang ada, Ikan cupang giant memiliki ukuran atau tubuh yang lebih besar di bandingkan dengan ikan cupang yang lain. Ikan Cupang Giant yang pernah tercatat mempunyai ukuran 12 cm (5 inch). Karena ukurannya ini, cupang giant tidak seaktif cupang lainnya. Meskipun begitu ikan cupang giant masih memiliki sifat agresif saat bertemu musuh.

Asal Usul

Ikan cupang giant pertama kali di kembangbiakkan oleh Mr. Athapon (Uncle Sala) dan putranya Mr. Natee pada tahun 1999.

Awalnya mereka memiliki ikan cupang plakat yang berukuran 10 cm. Keduanya kemudian memiliki ide untuk mengembangbiakkan atau mendapatkan cupang dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari cupang yang lain.

Untuk mewujudkannya mereka melakukan kawin silang antara cupang plakat milik mereka dengan cupang liar yang memiliki ukuran tubuh hampir sama.

Singkat cerita usaha mereka berhasil dan mendapatkan ukuran ikan cupang yang diinginkan. Ikan cupang ini akhirnya diberi nama Giant Betta atau Cupang Raksasa.

Sumber: youtubewikipediamedium 

Share:

0 comments:

Posting Komentar